Solusi Telepon & SMS Gratis dengan Open BTS

Sekedar Share buat sobat info, ternyata Teknologi Base Transceiver Station (BTS) yang biasa digunakan oleh para operator untuk jaringan seluler  bisa dibuat sendiri dengan software open source. Namanya adalah Open BTS. 

Kayaknya asyik banget kalau tehnologi murah meriah ini disebar-luaskan dan bisa diaplikasikan untuk membantu komunikasi kita. Tentu saja dalam ‘syarat dan ketentuan berlaku’ sehingga tidak merugikan pihak lain dan mengganggu sinyal resmi yang sudah ada selama ini.

Menurut praktisi TI Onno W Purbo, bermodalkan Open BTS ini, pengguna dimungkinkan untuk menelepon dan SMS secara gratis, dengan investasi yang relatif murah. Soal kualitas suara atau kecepatan pengiriman SMS dinyatakan sama baiknya dengan telekomunikasi melalui operator telekomunikasi.

Onno pun mempertunjukkan seperti apa perangkat Open BTS yang dibuatnya bersama yayasan Air Putih dan ICT Watch. Tampak di sebuah kotak berbagai komponen komputer dengan fungsi masing-masing. Ternyata perangkat yang kelihatannya cukup sederhana itu adalah Open BTS,

"Jadi kita bisa bikin tapi kita butuh perangkat sedikit, ada hardwarenya sedikit. Kemudian beberapa software open source," jelas Onno.
- USRP


"Kita butuh nomor simcardnya yang ada di dalam simcard yaitu international mobile subscriber identification, untuk didaftarkan ke sentral open BTS," tambah pria mantan dosen ITB itu.

Telekomunikasi melalui Open BTS bisa dilakukan dengan telepon seluler biasa, yang murah sekalipun. Kartu SIM yang dimasukkan pun tidak perlu yang masih aktif, yang sudah mati pun bisa dimanfaatkan.



Ongkos minimal yang diperlukan untuk membuat Open BTS, misalnya untuk keperluan eksperimen mahasiswa, sekitar 30 juta. Terdiri dari komponen USRP seharga sekitar Rp 15 juta – Rp 20 juta. Berikut perangkat komputer biasa dengan harga mungkin Rp 5 juta – Rp 10 juta.



Onno menyatakan, ada peraturan di Kepmen Nomor 21 tahun 2001 yang memungkinkan masyarakat mendirikan Open BTS sendiri. Masyarakat bisa mengajukan izin menjadi penyelenggara jasa telekomunikasi dasar kepada Kementerian Kominfo.
 
Musti di coba niech Sob...


http://www.detikinet.com/read/2012/01/10/085313/1811102/328/open-bts-ala-onno-telepon-sms-bisa-gratis/

0 comments:

Posting Komentar

ditunggu koment sobat...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Review